Peduli Korban Gempa Bumi, OJK dan LJK Sambangi Ribuan Pengungsi

Peduli Korban Gempa Bumi, OJK dan LJK Sambangi Ribuan Pengungsi

Oktober 6, 2019 0 By admin

AMBON,FM.- Gempa Bumi dengan Magnitudo 6,8 dan gempa-gempa susulan yang melanda kota Ambon, telah menggungah rasa kepedulian masyarakat termasuk OJK dan lembaga-lembaga yang bergerak di sektor jasa keuangan. Demi meringankan beban pengungsi, Lembaga Jasa Keuangan (LJK) di Provinsi Maluku bersama dengan Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Maluku berinisiatif melakukan sejumlah aksi tanggap bencana. Aksi tersebut terbagi menjadi dua, yaitu aksi yang dilakukan oleh masing-masing LJK dan aksi yang dilakukan oleh LJK bersama-sama dengan OJK melalui Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan (FKLJK) Provinsi Maluku.

Rangkaian aksi yang dilakukan oleh OJK dan masing-masing LJK dari hari pertama gempa hingga tanggal 6 Oktober 2019 telah dapat mengumpulkan donasi bantuan sebanyak Rp850 juta dalam bentuk tunai maupun natura.

Penyaluran bantuan secara sporadis yang dilakukan LJK telah menjangkau wilayah-wilayah terdampak Gempa Bumi di Kota Ambon, Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat bekerjasama dengan BPBD, BUMN Peduli, maupun pemerintahan negeri dan pemerintah daerah setempat.

Sementara FKLJK Maluku melalui rapat koordinasi Tanggap Darurat Bencana tanggal 2 Oktober 2019 dan Kegiatan Aksi Peduli Korban Gempa Tanggal 5 Oktober 2019, telah berhasil menghimpun dana senilai Rp.68 Juta dari LJK dan Perbanas.

Dana bantuan tersebut pada Tahap I telah disalurkan ke 3 (tiga) titik pengungsian yang berdasarkan data BPBD Maluku memiliki dampak terparah di Pulau Ambon, yaitu Desa Liang, Desa Tial, dan Desa Tengah-Tengah melalui koordinasi dengan Posko Utama BPBD Unidar Tulehu dan posko bantuan setempat.

“Melalui aksi nyata yang dilakukan oleh OJK, LJK, dan FKLJK, serta bantuan-bantuan lainnya diharapkan dapat membantu meringankan kehidupan para korban dilokasi pengungsian dan mempercepat proses pemulihan daerah dan masyarakat terdampak Gempa Bumi Ambon” kata Bambang Hermanto, Kepala OJK Maluku sekaligus Ketua FKLJK Maluku.

Saat ini Posko Bantuan Gempa FKLJK di Kantor OJK Maluku masih terus menerima bantuan-bantuan yang akan disalurkan pada Tahap 2. Adapun Jenis barang bantuan yang disalurkan meliputi peralatan/perlengkapan alat tidur dan kebutuhan pribadi anak dan wanita, kebutuhan pokok makanan dan minuman, serta obatan-obatan. (FM-07)