Penyerapan DAK Fisik Pendidikan di kota Ambon Capai 45 Persen

Penyerapan DAK Fisik Pendidikan di kota Ambon Capai 45 Persen

Oktober 7, 2019 0 By admin

AMBON,FM.- Penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 tahap pertama telah mencapai 35 hingga 45 persen,  dana tahap pertama yang dikucurkan sebanyak 25 persen dari total anggaran yang ditetapkan yakni, 13,7 Miliar

Demikian ungkap Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, pada Dinas Pendidikan kota Ambon, Meri Mairuhu kepada fokusmaluku.com dikantornya, Senin.

Dijelaskan, DAK itu sifatnya adalah swakelola, sehingga sekolah dalam penanganannya harus sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Juknis.

Sebagai buktinya adalah dengan dibangunnya 4 Ruang kelas Baru (RKB) yang representatif pada SMPN 23 Ambon dan rehabilitasi gedung perpustakaan pada SMPN 24 Ambon.

“Semua pekerjaan rehabilitasi dan pengadaan telah sampai pada tahap pelelangan, dengan menggunakan sistem e-catalog atau pembelanjaan melalui sistem online, semua barangnya sudah dalam proses pengiriman. nantinya setelah sampai semua barang harus diperiksa terlebih dahulu barulah dibayar secara resmi,” beber Mairuhu.

Dalam pelaksanannya, lanjut Mairuhu, pihaknya secara rutin melakukan proses pengawasan dalam bentuk monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap pengelolaan dana dak hal ini terus dilakukan baik secara administrasi maupun pengawasan secara berkala.

Dirinya juga meminta kepada stakeholder terkait maupun orangtua, untuk turut mengambil bagian dalam proses pengawasan yang dilakukan. sehingga, proses pendidikan yang berjalan di Kota Ambon juga dapat berlangsung secara baik, demi peningkatan mutu pendidikan sekolah di kota Ambon. (FM-07)