Gunawan Mochtar : Terminal Harus Dikembalikan Sesuai Fungsi

Gunawan Mochtar : Terminal Harus Dikembalikan Sesuai Fungsi

Juli 3, 2020 0 By admin

AMBON,FM,-  Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Gunawan Mochtar mendesak pemerintah kota Ambon dalam hal ini Dinas Perhubungan ( Dishub)  agar dapat secepatnya melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya yakni, Dinas Perindag, Satpol PP agar dapat mengembalikan terminal sesuai dengan fungsinya.

“Terminal harus dikembalikan sesuai dengan fungsinya, bukan dibiarkan semraut dengan menertibkan PKL, ini Terminal Mardika kota Ambon sudah seperti tahun 70-an saja,”Ungkap Gunawan Mochtar kepada wartawan di Balai kota Ambon, Jumat (03/07/2020)

Menurutnya, fungsi terminal telah jelas sebagai tempat menurunkan dan menaikan penumpang, bukan sebagai tempat dagangan PKL.jika terus dibiarkan begitu kapan Terminal dapat digunakan secara leluasa oleh Angkot.

“Saya rasa sudah jelas, fungsi utama terminal adalah sebagai tempat menaikan dan menurunkan penumpang bukan malah dibiarkan dikuasai PKL untuk menjajakan dagangannya. karena itu, harus ada ketegasan dari instansi terkait, sopir angkot dalam terminal juga mengeluh, lantaran saat hendak masuk pintu terminal untuk menurunkan penumpang sangatlah sesak, karena sudah dipenuhi oleh PKL mulai pintu masuk hingga pintu keluar,” ucapnya.

Tambahnya, Pemerintah kota Ambon telah membangun kios didalam pasar tingkat namun tidak digunakan oleh PKL, mereka justru turun memenuhi lokasi terminal A1 dan A2 dan seenaknya saja membangun lapak sesuka hati.

“Apa-apaan ini, jangan seenaknya bangun lapak dalam terminal tanpa ijin, pemerintah juga harusnya berani menindak agar fungsi terminal dapat dipergunakan sebagaimana mestinya,” akuinya.

Dishub, lanjut dia, mesti memberhentikan juga tagihan retribusi lapak di dalam terminal, agar saat akan menindak PKL yang berjualan pada lapak maupun terminal tidak lagi ada komplain balik dari mereka yang berjualan dan jika tidak turuti bongkar saja semuanya. (FM-07)