Komisi II DPRD Kota Ambon Tinjau ABT Sejumlah Perusahan Besar

Komisi II DPRD Kota Ambon Tinjau ABT Sejumlah Perusahan Besar

Agustus 5, 2020 0 By admin

AMBON,FM,- Menindaklanjuti pertemuan yang dilakukan Komisi II DPRD kota Ambon bersama sejumlah perusahan besar beberapa waktu lalu dalam mendukung upaya pemerintah pada sektor pendapatan daerah tentang pajak Air Bawah Tanah (ABT) maka komisi II didampingi Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah kota Ambon melakukan kunjungan kerja ( Kunker) ke dua perusahan besar di Ambon yakni PT.Angkasa Pura dan Pertamina Wayame.

“Komisi II meninjau tentang air bawah tanah, karena Perda yang sudah jalan itu kewenangan sudah dikembalikan ke kota, karena itu kami kunjungi beberapa perusahan itu guna melihat langsung sumber penampungan maupun meterisasi. Demikian ungkap Wakil Ketua Komisi II DPRD kota Ambon, Harry Far Far kepada wartawan usai melakukan on the spot, Rabu (05/08/2020)

Dari kunjungan tersebut, ternyata di Pertamina ditemukan, bahwa awalnya Pertamina menggunakan ABT untuk dijual ke kapal-kapal tetapi pada tahun 2017 telah dirubah dengan menggunakan air dari PDAM untuk dijual ke kapal.sementara ABT digunakan untuk keperluan kantor.

” Kita komisi sudah turun langsung dan melihat pompa pompa air yang dimiliki baik PDAM maupun ABT, di Pertamina itu ada dua Sumur bor, tetapi temuannya adalah meter air yang tidak lagi berfungsi karena termakan usia,tetapi akan tetap menjadi konsen kita kedepan,agar kedepan pendapatan semakin efisien,” akui Far-Far.

Tambahnya, soal meter yang rusak nantinya akan diganti oleh Bappemda yang anggarannya akan didorong melalui Badan Anggraran DPRD Kota Ambon.

Pendapatan terbesar kota Ambon ada pada Air Bawah Tanah (ABT) karena itu, komisi II mendorong agar seluruh unit layanan baik perkantoran maupun pertokoan, perusahan BUMN maupun BUMD semuanya harus dipasang meter kembali oleh Bappemda agar tidak ada yang terlewatkan sehingga pendapatan semakin optimal dan target PAD dapat dicapai. (FM-07)