35 Anggota DPRD Kota Ambon Ikut Workshop Peningkatan Kapasitas

35 Anggota DPRD Kota Ambon Ikut Workshop Peningkatan Kapasitas

Oktober 27, 2020 0 By admin

AMBON,FM,- Anggota DPRD kota Ambon mengikuti workshop peningkatan kapasitas bagi pimpinan dan Anggota DPRD Kota Ambon tahun 2020, yang diikuti oleh seluruh anggota, yang digelar di Asana Grand Pangrango kota Bogor selama dua hari 26 hingga 27 Oktober 2020

Dalam workshop tersebut dibahas tentang
Perpres nomor 33 tahun 2020 tentang standar harga satuan regional dan Permendagri nomor 64 tahun 2020 tentang penyusunan APBD tahun anggaran 2021.

Turut hadir dalam kegiatan dimaksud, Tim perumus regulasi keuangan daerah, Ditjen Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, DR.Hendriwan.MH, MSi.

Dalam penjelasannya dirinya mengapresiasi kota Ambon yang selalu tepat waktu bersama DPRD menetapkan APBD di bulan Desember.

Atas pertanggungjawaban pengelolaan itu, membuat kota Ambon selama tiga tahun berturut meraih WTP dari BPK. artinya laporan keuangan kota Ambon itu untuk APBD itu sudah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

“Atas prestasi itu, tidak heran juga bila kota Ambon dapat meraih Dana Insentif Daerah (DID) dari pempus karena keberhasilan mengelola APBD,” ucapnya.

Menurutnya, setelah direcofusing memang pendapatan daerah Kota Ambon yang unggul dari sektor jasa perdagangan selalu nomor satu bila dibandingkan dengan kabupaten lain di Maluku.sehingga disarankan agar Bappemda sebagai badan pengelola pajak dan retribusi harus terus berinovasi dalam penyempurnaan program Pemerintah Daerah.

“Kalau kita lihat banyak potensi yang ada di kota Ambon yang belum tergali, sebab itu mereka yang ada di Bappemda dan mitra komisi harus bekerjasama meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Ditempat yang sama, Ketua DPRD kota Ambon, Elly Toisutta kepada wartawan menyatakan, anggota DPRD kota Ambon wajib mengikuti workshop penguatan kapasitas. sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman pada saat nanti pembahasan APBD baik itu pada saat pembahasan KUA maupun RKA.

Toisutta juga berharap, seluruh mitra terkait dapat bersinergi untuk peningkatan PAD dan tetap mendorong agar ada inovasi dan kreativitas dari SKPD yang tentunya demi kesejahteraan masyarakat di kota Ambon. (FM-08)