Raja Tagalisa Akhirnya Terpilih, FOMABB Maluku Akan Proses Hukum Oknum Pembuat Onar

Raja Tagalisa Akhirnya Terpilih, FOMABB Maluku Akan Proses Hukum Oknum Pembuat Onar

Agustus 1, 2022 0 By admin

AMBON, FM, – Kendati terjadi banyak persoalan yang terjadi jelang proses pengukuhan adat Raja Tagalisa di Pulau Buru. Berbagai cacian, ancaman, intimidasi bahkan intervensi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Kegaduhan juga terjadi diduga ada sekelompok kecil orang yang mengatasnamakandiri sebagai forum komunikasi masyarakat adat Buru (FKMAB) yang menyurat secara resmi kepada pemerintah dan aparat keamanan setempat. Sehingga upaya menggagalkan penobatan gelar adat tidak dilaksanakan. Padahal keberadaan organisasi ini tidaklah jelas dan dianggap tidak memiliki legalitas. Karena yang memiliki legalitas hukum atas organisasi perkumpulan di pulau Buru adalah Forum Masyarakat Adat Buru Bersatu ( FOMABB)

Menjawab itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah ( DPW) Forum masyarakat adat Buru bersatu ( FOMABB) Provinsi Maluku, D.Robert. Lesnussa kepada awak media di Ambon, Senin (1/08/2022) menyatakan sikap akan menindaklanjuti hal ini. Bahkan akan memproses secara hukum sehingga dapat diketahui pasti siapa-siapa saja otak dari kegaduhan dan upaya menggagalkan pengukuhan gelar adat dan upaya merusak tatanan adat yang harusnya terjadi di petuanan Tagalisa Pulau Buru itu.

“Kami dari tim advokasi FOMABB Maluku bersama dengan kota Ambon akan menyusut dan menindaklanjuti berita-berita yang palsu kami akan proses secara hukum. Termasuk mengecek langsung Legalitas dari Organisasi yang tidak jelas itu, kami sudah mengumpulkan bukti-bukti dan dalam waktu dekat akan melaporkan ke Polda Maluku, ” Akui Lesnussa.

Ditambahkan, pihaknya berharap seluruh laporan yang nantinya akan disampaikan ke penegak hukum dapat berlaku adil, sehingga siapapun pelakunya dapat diproses sesuai hukum yang berlaku dan wajib meminta maaf kepada raja Tagalisa yang baru terpilih agar ada efek jerah.

FOMABB juga dalam legalitasnya, kata Lesnussa, akan merangkul seluruh raja/kades/ dan kadus di pulau Buru dari Utara Hingga Selatan dengan maksud agar dapat membentuk satu kekuatan besar bahkan menyatukan tekad bersama dalam membangun pulau Buru kedepan.

Perlu diketahui, meskipun banyak kegaduhan yang terjadi tetapi proses pengukuhan gelar adat tetap berjalan sukses. dengan terpilihnya Raja Tagalisa yang baru yakni Frengky. Batuwael. (FM-07)