Tingkat Kebutaan Masyarakat kota Ambon Capai 2,6 Persen, Hati- Hati Semua Orang Beresiko Buta

Tingkat Kebutaan Masyarakat kota Ambon Capai 2,6 Persen, Hati- Hati Semua Orang Beresiko Buta

Januari 16, 2019 0 By admin

AMBON, FM.- Angka Kabutaan di kota Ambon mencapai 2,6 persen. angka ini masih lebih rendah dari angka nasional sebesar 3 persen. hal ini diungkapkan Kepala balai Kesehatan Mata-Ambon Vlissingen, D Siegers saat diwawancarai media ini, belum lama ini.
Dikatakan, salah satu penyebab kebutaan pada mata, terjadi karena katarak.

“Katarak adalah penyakit mata yang tidak bisa dihindari, katarak akan tetap menghantui setiap orang, terutama pada usia 45 hingga 50Tahun, ucapnya.

Penyakit mata lainnya yang dapat menjadi pemicu kebutaan adalah Glukoma, kelainan saraf dan kelainan kacamata. Dengan demikian masyarakat dianjurkan untuk melakukan cara yang untuk menurunkan angka kebutaan yang behubungan erat dengan produktifitas seseorang.

“Peningkatan produktifitas mata adalah cara menurunkan angka kebutuaan baru,klinik mata yang dibangun adalah salah satu alternatif yang dilakukan oleh pemerintah kota Ambon kepada masyarakat, dengan maksud agar masyarakat dapat melakukan pemeriksaan mata,” akuinya.

Tambahnya, setiap tahun angka kebutaan baru mencapai 1,7 persen.
bahkan semua orang beresiko mengalami kebutaan, karena itu disarankan agar setiap masyarakat secara berkala melakukan pemeriksaan matanya secara rutin. agar dapat mengurangi tingkat resiko yang dapat terjadi kapan saja.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga mata agar dapat diambil langkah kongkrit penanganannya. apakah hanya sebatas koreksi kacamata, pemberian obat-ibatan atau bahkan butuh tindakan preventif. (FM-09)