Dinas Kesehatan Lacak Penderita Kusta di Ambon

Dinas Kesehatan Lacak Penderita Kusta di Ambon

Januari 31, 2019 0 By admin

AMBON,FM,- Dinas Kesehatan kota Ambon sementara melacak penderita kusta di kota Ambon. Dengan turun secara langsung keseluruh wilayah melalui Kader- kader disetiap desa dan kelurahan.mengingat jumlah kasus penderita kusta di Ambon yang hampir mencapai 58 orang di tahun 2018 lalu, mengharuskan Dinas lebih bekerjakeras di tahun 2019 ini menuju eliminasi kusta ditahun 2020 mendatang.

Penderita yang sementara dilacak ini nantinya akan didorong untuk melakukan pengobatan rutin disetiap puskesmas tempat penderita tinggal. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada wartawan dikantornya, Rabu (20/01/2019)

Tahun ini, pihaknya telah melakukan workshop menyonsong peringatan kusta yang akan digelar akhir bulan ini. Stop Diskriminasi terhadap penderita kusta, kita sudah menjaring penduduk yang memiliki kelainan kusta selanjutnya petugas akan mendiagnosa apakah benar kusta ataukah tidak.

” Jadi kita pakai kader- kader di desa untuk dan mengecek secara langsung di masyarakat, melalui pengisian format, jika ditemukan adanya kelainan kulit, maka petugas akan langsung melaporkan dan secepatnya akan dilakukan pemeriksaan. Apakah memang mereka kusta ataukah tidak,” tambahnya.

Pelupessy mengatakan, tahun 2018 lalu, jumlah penderita kusta yang terdeteksi yang terbanyak adalah tipe kusta kering karena lebih cepat menular.

Sementara itu, Remes Y Talle kepala Bidang P2P pada Dinas Kesehatan kota Ambon menjelaskan, pihaknya akan mencari sebanyak- banyaknya penderita kusta melalui kegiatan intensifikasi. Sehingga dapat dilakukan proses pengobatan secara intensif agar upaya Ambon bebas kusta di tahun mendatang dapat tercapai. ( FM-09)