KemenPar Support Pemandu Wisata Lokal, Tingkatkan Kompetensi Diri

KemenPar Support Pemandu Wisata Lokal, Tingkatkan Kompetensi Diri

Desember 12, 2019 0 By admin

AMBON,FM.- Kementerian Pariwisata Bidang Ekonomi kreatif memberikan support penuh para pemandu wisata lokal di kota Ambon untuk meningkatkan kompetensi diri melalui pelatihan pemandu wisata alam, yang dibiayai oleh dana Alokasi Khusus (DAK) yang digelar selama dua hari di The City Hotel Ambon, Kamis (12/12/2019)

Pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pemandu wisata alam, mewujudkan negeri dan desa  wisata yang berdaya saing,meningkatkan kerjasama serta keterpaduan antara pemerintah, pengelola pelaku pariwisata dan juga  meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pemandu wisata alam di kota Ambon.

Sosialisasi ini juga nantinya akan menghasilkan kelompok sadar wisata yang terlatih dan memiliki keahlian dalam manajemen kepariwisataan, juga  menghasilkan pelaku  yang lebih proaktif dan profesional dalam mengelola pariwisata. selain itu juga meningkatkan rasa tanggungjawab serta sinergi untuk melestarikan dan meningkatkan kepariwisataan di kota Ambon.

“Forum tersebut justru membuka ruang bagi peserta pelatihan dalam mengasah potensi diri terhadap profesi yang diimplementasikan dalam bentuk pelayanan kebersihan serta penampilan diri dan berperilaku yang baik,” akui ketua penyelenggara dalam laporannya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata kota Ambon, Rico Hayat menyatakan,  pelatihan pemandu wisata alam merupakan kegiatan pengatur kapasitas sumber daya manusia (SDM), yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan  kebudayaan dengan bantuan dana alokasi khusus (DAK) non fisik dari kementerian pariwisata.

Akuinya, Kota Ambon memiliki unggulan di sektor jasa, perikanan dan pariwisata dengan aksentuasi pembangunan kota ambon yaitu Ambon kota musik, kota Damai dan kota ikan.

Kota Ambon dengan karakteristik wilayah yang cukup spesifik, sangat menarik minat investor untuk berinvestasi potensi alam,musik, budaya, keunikan alam dan keharmonisan agama yang sangat layak dilirik dan dijadikan daya tarik wisata

Menuju tahun visit Ambon, 2020, Hayat beranggapan, destinasi wisata adalah daya tarik yang perlu diperhatikan.dengan demikian, perlu menyiapkan manajemen yang baik guna mendukung event tersebut.

“Dukungan terhadap pengembangan wisata bukan hanya dari pihak pemerintah namun pihak lain seperti ini berapa disaat aku pemasyarakatan perlu bersinergi untuk pariwisata kota Ambon yang lebih baik,” Akuinya.

Besar harapannya, sosialisasi  penguatan kapasitas bagi pemandu wisata alam lokal dapat dimanfaatkan secara baik untuk terus belajar serta meningkatkan kapasitas diri, agar mampu menjadi pemandu tour wisata lokal yang berdaya saing dan memberikan pelayanan prima bagi para wisatawan.(FM-08)

L