Hampir 20 Hektar Hutan di Ambon Terbakar

Hampir 20 Hektar Hutan di Ambon Terbakar

Januari 24, 2020 0 By admin

AMBON,FM.- Hampir 20 Hektar lahan hutan di kota Ambon, di daerah Air Besar RT 006/017 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau kota Ambon hangus dilahap si jago merah,Jumat (24/01/ 2020) Pukul 17.50 WIT. Demikian ungkap Kasubag Humas Polresta Ambon, Iptu.Julkisno Kaisupy dalam keterangannya kepada media ini, kemarin .

Menurut Keterangan Ibu. HABIBA PELLU, (44) yang bermukim pada lokasi tersebut menerangkan, awalnya saksi baru pulang sesampainya di depan rumah Saksi dikagetkan dengan kebakaran hutan yang berada tidak jauh di depan rumah Saksi sekitar 100 meter.

Melihat hal tersebut Saksi memberitahukan warga sekitar dan selanjutnya warga langsung berupaya memadamkan kobakaran api dengan peralatan seadanya, namun kobaran api semakin membesar dikarenakan angin yang sangat kencang membuat warga setempat kewalahan untuk memadamkan api tersebut.

Kemudian Saksi menghubungi Pihak Damkar Kota Ambon untuk meminta bantuan memadamkan kebakaran hutan tersebut.

Dikatakan, sekitar Pukul 18.05 WIT, 2 unit Mobil Pemadam Kebakaran Kota Ambon tiba di TKP dan berusaha memadamkan kobaran api, namun api belum berhasil di padamkan, sehingga ditambah 3 Unit Mobil Damkar, total 5 unit Mobil Damkar Kota Ambon, yang berusaha memadamkan kobaran api.

Pukul 18.05 WIT, 3 Personil Polsek Sirimau yang dipimpin Waka Polsek Sirimau. IPDA SJAFRUDIN ACHMAD, didampingi Ka SPKT Shif C AIPTU O. TUHUMENA, tiba di TKP dan selanjutnya mengamankan TKP dan meminta kepada warga agar tidak mendekati TKP sehingga tidak mengganggu kerja Petugas Damkar.

Pukul 22.45 WIT, kebakaran hutan tersebut berhasil dipadamkan selanjutnya 5 unit mobil Damkar meninggalkan TKP.

Masyarakat diingatkan untuk perlu mengantisipasi titik-titik api yang berada disebelah gunung yang masih menyala karna sulit dijangkau oleh pihak Damkar, sehingga pers Sek. Sirimau yang dipimpin Waka Polsek Sirimau masih bertahan di TKP, untuk memantau situasi TKP.

Nampaknya, sekira pukul 23.30 WIT, diperkirakan situasi di TKP, dalam keadaan aman, selanjutnya Pers Sek. Sirimau yang dipimpin Wakapolsek Sirimau meninggalkan TKP, namun Bhabin Kamtibmas masih berada di TKP untuk memantau situasi serta melaporkan perkembangan situasi.

Tambah Kaisupy, tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian Material berupa Kebakaran hutan dengan luas puluhan hektar (FM-07)