Peringati HUT KE 70, Imigrasi Ambon Terus Berbenah

Peringati HUT KE 70, Imigrasi Ambon Terus Berbenah

Januari 27, 2020 0 By admin

AMBON, FM,- Peringati Haru Ulang Tahun ke 70 Tahun 2020, Kantor Imigrasi Kelas 1 Ambon terus berbenah diri. dalam berbagai bentuk capaian kinerja yang diperoleh, lantas tidak membuat puas. berbagai upaya pembenahan dan kerjakeras demi mewujudkan seluruh program.

“Perubahan harus terus dilakukan, agar tidak tertingga; dengan intitusi kementerian lainnya, seluruh prestasi yang diraih adalah sebuah kebanggan bersama, jangan cepat puasjangan berpangku tangan teruslah berusaha,”

Demikian ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM, Andy Nurka dalam sambutan singkatnya saat peringatan HUT di kantornya, Senin (27/01/2020)

Dia menjelaskan,Imigrasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Pemerintahan Republik Indonesia, memiliki peran yang stategis dan penting dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat.

Ditambah lagi dengan peran Imigrasi terkait mobilitas manusia yang masuk dan keluar wilayah Indonesia, membuat Pemerintah memiliki harapan besar kepada penciptaan inovasi-inovasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Keimigrasian.

Nurka menayatakan,dalam Fungsi Pelayanan Keimigrasian, Direktorat Jenderal Imigrasi berhasil membangun kerja sama yang baik untuk membuka titik-titik baru pelayanan Keimigrasian seperti Unit Kerja Kantor Imigrasi, Unit Layanan Paspor, dan Mall Pelayanan Publik.

Tahun 2019 terdapat 11 Unit Kerja Kantor Imigrasi, 20 Unit Layanan Paspor, 5 Mall Pelayanan Publik, dan 13 Layanan Terpadu Satu Pintu. Hal ini merupakan wujud nyata keberhasilan kerja sama antara Direktorat Jenderal Imigrasi dengan pemerintah daerah dan Kementerian/Lembaga Lainnya.

Selain itu di Tahun 2019, Paspor Elektronik Republik Indonesia mendapatkan sertifikat Public Key Directory (PKD) dari International Civil Aviaton Organisation (ICAO) dan memperoleh pengakuan dari 68 Negara Anggota ICAO,

hal ini berimplikasi pada keamanan data Warga Negara Indonesia yang tersimpan lebih aman dan baik. Disisi lain juga dengan telah diterimanya Sertifikat PKD dari ICAO, Warga Negara Indonesia pemegang paspor elektronik Indonesia akan dengan mudah dan nyaman melintas ke negara-negara anggota ICAO.

Sementara pada bidang Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Tahun 2019 Direktorat Jenderal Imigrasi berhasil meraih 3 Predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani dan 21 Wilayah Bebas dari Korupsi. Hal yang sangat membanggakan dan merupakan sebuah hadiah yang besar bagi seluruh insan Imigrasi. Momentum ini harus juga sejalan dengan perubahan positif terhadap pola pelayanan dan etos kerja yang mengarah kepada perubahan yang lebih baik.

Nurka bahkan meminta agar aparatur yang tua, harus belajar teknologi, jika tidak maka akan tergilas dengan perkembangan masa kini.

“Terus maju, tarus berkarya,SDM Unggul,imigrasi semakin maju,” Tutupnya. (FM-09)