Panas Gandong di Rutong, Pemerintah Batalkan Acara Seremonial

Panas Gandong di Rutong, Pemerintah Batalkan Acara Seremonial

Maret 17, 2020 0 By admin

AMBON, FM,- Pemerintah kota Ambon bersama tim gugus tugas penanganan virus corona di Ambon bersepakat membatalkan acara seremonial yang akan berlangsung esok. langkah ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap virus corona atau Covid-19.

Ketua gugus tugas penanganan corona di kota Ambon, Syarif Hadler saat konfrensi pers bersama awak media di Balai kota Ambon, Selasa (17/03/2020)

dia menjelaskan, yang dilakukan hanyalah acara adatnya sementara acara
seremoni sedapat mungkin ditiadakan. karena acara seremonial ini melibatkan banyak orang.

“Kita punya tamu dari luar seperti jakarta, dan kita taulah Jakarta adalah daerah endemik corona, sesuai dengan prosedur mereka yang datang harus dikarantina selama empat belas hari dan dilakukan pemantauan secara intensif oleh Dinas Kesehatan kota Ambon sambil melihat perkembangan selanjutnya,” ucap Hadler.

Sementara untuk proses pelantikan raja Hutumuri beberapa waktu kedepan juga akan dimaksimalkan dan tidak akan ada pesta yang dilakukan seusai acara pelantikan, kita instruksikan kepada pihak kepolisian agar tidak boleh mengeluarkan ijin bagi mereka.

Dalam kegiatan tersebut juga, nantinya pada pintu masuk acara panas gandong, akan dipasang alat pendeteksi suhu tubuh dan antiseptik.

Hal yang sama juga diungkapkan kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Ambon, Rico Hayat yang mana prosesi adat harus tetap dilakukan karena sudah terlaksana sebelumnya, namun akan tetap melakukan pembatasan terhadap tamu yang akan berkunjung pada acara dimaksud. (FM-07)