Disparbud Ambon Gelar Raker Tim Ahli Cagar Budaya

Disparbud Ambon Gelar Raker Tim Ahli Cagar Budaya

Juli 23, 2020 0 By admin

AMBON,FM,- Guna menyusun strategi agar objek di kota Ambon yang diduga sebagai cagar budaya dapat direkomendasikan oleh Tim Ahli Cagar Budaya untuk ditetapkan dengan keputusan wali kota Ambon dan akan ditindaklanjuti ke Nasional.

Menyikapi itu, Pemerintah kota Ambon menggelar Rapat Kerja Tim Ahli Cagar Budaya, yang digelar di Ambon Kamis (16/07/2020)
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat dalam raker tersebut menjelaskan, sesuai UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya, tim ahli cagar budaya ( TACB) adalah kelompok ahli pelestarian dari berbagai bidang ilmu yang bertugas untuk memberikan rekomendasi  penetapan cagar budaya, TACB mengkaji kelayakan dari hasil  pendaftaran  objek yang diduga cagar budaya.

Hasil kajian yang merupakan rekomendasi diberikan kepada Walikota Ambon untuk penetapan status cagar budaya.
Pemerintah Kota Ambon akan menyampaikan hasil penetapan kepada pemerintah provinsi dan selanjutnya diteruskan kepada pemerintah pusat.

Tambahnya, Tim ahli cagar budaya di setiap tingkatan memberikan rekomendasi peringkat cagar budaya berdasarkan kepentingannya apabila memenuhi sejumlah syarat sesuai undang-undang cagar budaya. cagar budaya yang tidak lagi memenuhi syarat tersebut dapat dikoreksi lagi peringkatnya berdasarkan rekomendasi Tim ahli cagar budaya di setiap tingkatan.

Lanjutnya, TACB di setiap tingkatan juga memberikan rekomendasi penghapusan cagar budaya apabila sudah musnah hilang dan dalam jangka waktu 6 tahun tidak ditemukan mengalami perubahan wujud dan gaya sehingga kehilangan keasliannya atau di kemudian hari diketahui statusnya bukan cagar budaya. Namun sesuai undang-undang cagar budaya untuk cagar budaya yang sudah tercatat dalam registrasi nasional hanya dapat dihapus dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atas rekomendasi TACB di tingkat pemerintah pusat.

Lebih jauh Hayat menjelaskan, sebagai data aman saat ini hasil pendataan Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kota Ambon terdapat 39 objek yang diduga cagar budaya bahkan ada sejumlah cagar budaya yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai cagar budaya peringkat nasional sejak tahun 2017.

Dari rapat kerja yang dilakukan ini selanjutnya akan dilakukan pembentukan tim ahli cagar budaya daerah kota Ambon yang dikoordinir oleh Prof.Dr.Hermien.L Soselisa,MA dan sembilan anggota lainnya terdiri dari akademisi, pakar arkeolog maupun pemerhati budaya lainnya. (FM-07)