Waduh, 333 KK Korban Gempa Bumi di Ambon  Miliki Data Ganda

Waduh, 333 KK Korban Gempa Bumi di Ambon Miliki Data Ganda

Juli 28, 2020 0 By admin

AMBON,FM,- TERNYATA dari total data korban bencana Gempa bumi tanggal 26 September 2019 sebanyak 1631 KK ternyata terdapat 333 KK yang memiliki data ganda.namun sayangnya tidak dijelaskan secara detail siapa saja dan dilokasi mana. Sehingga secara langsung dianggap tidak memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang tertuang dari petunjuk pelaksanaan (Juklak) BNPB. Hal inilah yang menjadi keseriusan Komisi I DPRD kota Ambon.

Atas hal itu, sikap komisi I adalah akan memanggil Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil kota Ambon untuk membantu mencari solusi administrasi kependudukan masyarakat korban gempa dalam menyelesaikan data kependudukan yang belum ada itu baik KK maupun KTP.

Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes dalam rapat bersama BPBD kota Ambon di ruang rapat komisi I berusaha memberikan penjelasan.

Menurutnya, total dana yang disalurkan BNPB kepada korban bencana gempa di kota Ambon secara keseluruhan sebanyak 1631 KK tetapi ketika diverifikasi berbasis data induk terdapat 333 KK yang tidak memenuhi ketentuan administrasi kependudukan.

Solusinya adalah, masyarakat harus melengkapi berkas kependudukan tersebut dulu, agar seluruh proses yang nantinya akan dilalui dapat berjalan dengan baik.

“Dana yang dicairkan ini, membutuhkan pertanggungjawaban karena itu, masyarakat penerima juga harus dapat memenuhi setiap ketentuan secara baik agar dikemudian hari tidak terjadi masalah yang justru memberatkan.

Pihaknya juga meminta adanya dukungan dari para lurah/raja dan Kepala Desa agar dapat bersama masyarakat menyelesaikan masalah yang dihadapi sehingga dalam pembentukan tim hingga pencairan anggaran di Bank tidak ada problem.

“Kan semua yang kita buat ini demi kepentingan masyarakat di kota ini, jadi tidak ada salahnya jika kita bersama dapat mengambil peran untuk menyelesaikan problem yang terjadi di masyarakat sesuai dengan Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) kerja masing-masing, “demikian Pormes.(FM-08)