Perangkat Birokrasi Pemkot Ambon Ikut Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan

Perangkat Birokrasi Pemkot Ambon Ikut Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan

September 25, 2020 0 By admin

AMBON,FM,- Pemerintah kota Ambon melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar sosialisasi penyuluhan Kearsipan di lingkungan pemerintah kota Ambon, yang berlangsung secara virtual dengan melibatkan pimpinan OPD, Camat, Lurah, Raja, Kepala Desa dan seluruh kepala Puskesmas, Jumat (25/09/2020)

Sosialisasi ini turut dihadiri oleh, Deputi Pembinaan Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia ( ANRI), Drs.Sumrahyadi, Direktur Kearsipan Daerah I, Dr.M Sumitro sekaligus menyampaikan materi tentang peran Lembaga kearsipan dalam penyelamatan arsip negara

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Ambon, Piet Pattiasina menyatakan, kegiatan ini bertujuan agar seluruh pimpinan lembaga dapat memahami kebijakan kearsipan secara nasional serta menyadari pentingnya penyelamatan arsip negara yang berhubungan langsung dengan tugas dan tanggungjawab setiap OPD.
Sementara itu, Wali kota Ambon dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris kota, AG Latuheru memberikan apresiasi kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang secara terus-menerus melakukan pembinaan Kepada Dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Ambon sebagai lembaga pembina kearsipan di Kota Ambon.

Disadari sungguh, pemerintah Kota Ambon menyadari sungguh dalam pengelolaan arsip daerah di kota Ambon Ada banyak hal yang harus dibenahi.

Baik itu sarana prasarana pendukung regulasi di daerah kesadaran Aparatur pemerintahan terhadap nilai yang terkandung dalam sebuah arsip maupun kompetensi pengelola arsip di daerah.

” Bagi sebagian besar orang diantara kita ketika mendengar kata arsip yang terbayang adalah tumpukan map dan berkas, kalau yang masih terbayang dalam benak kita, itu artinya kita belum memahami apa itu arsip, ketidaktahuan kita tentang nilai sebuah arsip itulah yang membuat kita memperlakukan arsip di OPD dengan tidak benar,” tuturnya.

Sejauh ini banyak diantara para aparatur pemerintah, menganggap arsip adalah dokumen yang dibuat dalam beberapa rangkap dan diberkaskan untuk kepentingan administrasi semata padahal nilai arsip tidak hanya sebatas itu. Oleh sebab itu, melalui sosialisasi ini diharapkan dapat dilakukan dengan benar sehingga timbul pemahaman yang baik tentang bagaimana cara mengelola arsip yang akhirnya dapat mendorong kita untuk menata arsip di OPD secara benar.

Dirinya menilai kegiatan sosialisasi kearsipan Kota Ambon dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan agar pada pegawai yang direkomendasikan untuk mengikuti kegiatan bimtek kearsipan mereka itulah yang secara berlanjut dengan maksud agar pada jabatan pengadministrasi umum yang diberikan tanggung jawab untuk mengelola arsip pada tiap OPD adalah orang-orang yang benar-benar mengerti tentang arsip. (FM-07)