Wawali Lantik Raja Defenitif Negeri Hatalai

Wawali Lantik Raja Defenitif Negeri Hatalai

Maret 30, 2021 0 By admin

AMBON, FM,-Wakil Wali kota Ambon, Syarif Hadler melantik raja defenitif negeri Hatalai, Ricard Hendrik Lopies Kecamatan Leitimur Selatan-kota Ambon periode 2021-2027 di Balai kota Ambon, Selasa (30/03/2021)

Pelantikan dilangsungkan berdasarkan Surat Keputusan Wali kota Ambon, Nomor 360 tahun 2021 tertanggal 25 Maret 2021 dihadarii oleh Sekretaris kota Ambon, AG Latuheru,BPD negeri dimaksud, Saniri, pihak keluarga, saksi dan Rohaniawan.

Wawali saat membaca sambutan tertulis wali kota Ambon mengungkapkan, pelantikan merupakan rutinitas khususnya pada pemerintahan negeri adat berbasis Perda Nomor 8,9,10 Tahun 2017.

Dijelaskan, kehadiran seorang raja defenitif adalah sebuah dambaan masyarakat pada suatu negeri adat, dimana peran yang dijalankan sebagai kepala pemerintahan negeri disatu sisi di lainsisi ada gelar adat.

Akuinya, melalui pejabat dan saniri telah bekerjasama dalam memfasilitasi lahirnya produk hukum tertulis berupa peraturan negeri tentang mata rumah ‘parenta’ yang telah diawali dengan rapat tingkat saniri dan soa dalam menggali serta menyusun secara tertulis budaya tutur bila perlu didukung dengan dokumen yang dapat dibuktikan dan dipertanggungjawabkan dengan kepemimpinan yang selama ini berlangsung.

Menurutnya,kearifan lokal sangatlah dibutuhkan dalam mendirikan fakta sejarah terhadap garis keturunan atau mata rumah yang berhak memimpin jalannya roda pemerintahan di negeri yang bersangkutan.

Dalam prosesi itu juga dirinya mengingatkan bahwa kedua unsur di negeri mempunyai kedudukan yang sama di negeri selaku mitra.sehingga tidak boleh saling menjatuhkan karena sama-sama memiliki legalitas lewat keputusan walikota Ambon.

Dirinya juga meminta kepada Raja Hatalai yang baru agar dapat meningkatkan legalitas diri melalui pemahaman tentang regulasi yang berlaku serta membuka komunikasi aktif dengan pemerintah kota Ambon. (FM-09)