Kasus Covid Meningkat, BI Sesuaikan Pengelolaan Uang Rupiah

Kasus Covid Meningkat, BI Sesuaikan Pengelolaan Uang Rupiah

Juli 10, 2021 0 By admin

AMBON,FM,-Dengan memperhatikan
dampak peningkatan kasus covid 19 membuat Bank Indonesia melakukan penyesuaian kebijakan pengelolaan uang rupiah. Dengnan ikut serta mendukung kebijakan pemerintah dalam melakukan pembatasan aktivitas. Sebagai upaya memitigasi peningkatan kasus Covid-19 dengan tetap memperhatikan keberlangsungan kegiatan layanan operasional Pengelolaan Uang Rupiah (PUR) kepada masyarakat.demikian diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Wilayah ( KPw) BI provinsi Maluku, Noviarsano Manulang kepada fokusmaluku.com dalam releasenya, Jumat (09/07/2021)

Disebutkan sejumlah kebijakan tersebut antara lain,
Pertama, perubahan jam operasional layanan kas Setoran dan Penarikan Bank yang sebelumnya pukul 09.00 – 11.30 disesuaikan menjadi pukul 08.30 – 11.00 waktu setempat.

Kedua, kegiatan layanan kas kepada pihak eksternal Bank Indonesia berupa layanan penukaran uang rusak dan layanan klarifikasi uang Rupiah yang diragukan keasliannya untuk sementara waktu ditiadakan.

Ketiga, kegiatan Kas Keliling Wholesale dan Kas Keliling 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) untuk sementara waktu ditunda pelaksanaannya.

Tak hanya itu, kebutuhan uang masyarakat terutama Uang Pecahan Kecil (UPK) tetap terjaga pasokannya dan dapat dilakukan penukaran ke perbankan.

Sejalan dengan penyesuaian ini, Bank Indonesia terus berusaha dalam memastikan dan menjamin kecukupan uang Rupiah di tengah-tengah masyarakat.

BI menjamin segala bentuk aktivitas yang dilakukan selalu memprioritaskan keamanan, kesehatan, dan keselamatan dalam menjamin ketersediaan dan kelayakan uang di masyarakat. (FM-09)