Bahaya, Kasus DBD di Ambon Naik Dua Kali Lipat

Bahaya, Kasus DBD di Ambon Naik Dua Kali Lipat

Oktober 4, 2021 0 By admin

AMBON, FM, -Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di kota Ambon mengalami kenaikan sebanyak 2 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Data yang diturunkan Dinas Kesehatan ( Dinkes) kota Ambon per Agustus 2021 penderita DBD tercatat sebanyak 51 kasus di tahun 2020 sementara di tahun 2021 naik drastis mencapai 118 kasus.

“Memang tahun ini tak dapat dipungkiri kasus DBD naik dua kali lipat, ini cukup tinggi dari 51 menjadi 118 kasus di tahun 2021 ini, ” Demikian akui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ( P2P) pada dinas tersebut, Rems Talle kepada wartawan di Tribun Lapmer Kota Ambon, Senin (04/10/2021)

Penyakit mudah menular ini kebanyakan menyerang anak-anak dibandingkan orang dewasa dan terjadi pada musim penghujan.

Sosialisasi,pembagian kelambu tidur, pembagian Abatte adalah langkah penanganan di lapangan kepada masyarakat dan memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap masyarakat yang tinggal pada lokasi rentan DBD.

“Usia anak anak yang paling rentan
Jadi memang kasus DBD tersebut paling banyak terserang anak anak, kita buat langkah penangananya disamping kita sosialisasi pada beberapa lokasi yang dianggap rentan DBD,” beber Talle.

Di kota Ambon terdapat sejumlah lokasi endemis atau rentan DBD diantaranya, Kayu Putih, Passo, Halong, Batu Merah selalu ada kasus setiap tahunnya.

Talle menyebutkan, hingga Akhir Desember nanti kemungkinan kasus pasti akan ada kasus apalagi dengan cuaca hujan yang tak menentu seperti saat ini.

Yang paling inti dan kami butuhkan adalah adanya peran serta dari masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk, budayakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di dalam rumah maupun dilingkungan sekitar tempat tinggal.terapkan 3 M yakni menguras, menutup, dan mengubur
Itu adalah langkah mudah mencengah nyamuk berkembang biak dan menekan angka DBD yang semakin tinggi.

“Seperti kerja bakti massal di lingkungan tempat tinggal, budayakan pola hidup PHBS, Berantas sarang nyamuk, hindari gigitan nyamuk dengan memakai lation, jika itu dilakukan secara baik, pasti DBD tidak akan kena kita atau keluarga di rumah, ” Tutupnya. (FM-07)