KPw BI Maluku Gelar Salam Fest 2024

KPw BI Maluku Gelar Salam Fest 2024

Mei 3, 2024 0 By admin

AMBON,FM,- Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Maluku menggelar kegiatan regional yang ketiga kalinya yakni Salam Fest 2024, dengan alasan untuk Gaungkan Ekonomi dan keuangan Syariah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku. Yang akan berlangsung selama dua hari kedeoan. dipusatkan di Taman Pattimura Park,Kota Ambon, Jumat (03/05/2024)

Turut Hadir dalam kegiatan dimaksud, Kepala Dinas PUPR provinsi Maluku, Ismail Usemahu mewakili Penjabat Gubernur Maluku, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Maluku, para UMK,sejumlah pimpinan OPD lingkup Provinsi Maluku dan stakeholder terkait.

Kegiatan ini terbingkai dalam tema “Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk Pertumbuhan Ekonomi Maluku yang Inklusif”.

Kepala kantor Perwakilan Wilayah, BI Provinsi Maluku, Rawindra Ardiansah mengatakan, Opening ceremony Salam Fest 2024 pada hari ini menandai implementasi berbagai program BI Maluku dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang mencakup Kick Off Program Pengembangan Halal Center, Selebrasi UMKM Terpilih dalam kurasi Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA), Business Matching Pembiayaan Syariah, Program Business Matching Pembiayaan Syariah, Program Ketahanan Pangan Pesantren, Penyaluran PSBI Program Ramadhan, serta Tabligh Akbar.

Disebutkan, sepanjang dekade terakhir, kinerja ekonomi dan keuangan syariah terus melanjutkan pertumbuhan positif dan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru (new source of growth) tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia.

Lebih Jauh dikatakan, peningkatan kesadaran akan implementasi prinsip ekonomi syariah baik dari sisi konsumen maupun pelaku industri diyakini dapat menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi.

Sebagaimana dipahami, Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim memiliki visi untuk menjadi pusat industri halal di dunia melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dari berbagai sektor seperti makanan halal, pariwisata halal, serta sektor lainnya.

Kebijakan Bank Indonesia yang pro growth pada tahun 2024 termasuk dalam mendorong kebijakan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah bersama dengan seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) yang terdapat pada wadah Komite Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) diarahkan untuk memperkuat kebijakan dan implementasi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. 

Untuk diketahui,rangkaian kegiatan Salam Fest 2024 selama dua hari ke depan akan dilanjutkan dengan kegiatan seminar, perlombaan serta expo dan showcasing produk layanan keuangan syariah dan UMKM dan ditutup dengan performance musik. (Eda L)