Ini yang Dilakukan Kapolresta Ambon Dalam Tatap Muka Bersama Bhabinkamtibmas

Ini yang Dilakukan Kapolresta Ambon Dalam Tatap Muka Bersama Bhabinkamtibmas

Januari 8, 2020 0 By admin

AMBON,FM.- Kapolresta P.Ambon dan PP.Lease Kombes. Leo S.N. Simatupang S.IK melakukan bertemuan bersama seluruh jajaran Bhabinkamtibmas, yang digelar di di Aula Prima Polresta P. Ambon & P. P. Lease,Perigilima Ambon,Maluku Rabu (08/01/2020)

Pertemuan tersebut dihadiri oleh, Kasat Binmas AKP.M.M.NANURU,SE.M.Si
KBO Binmas IPDA.JHON.KOLELUPUN.SH, Kasiwas IPDA.S.TUATUBUN, anggota Sat Binmas.

Dalam Pertemuan tersebut, Kapolresta Pulau Ambon mengevaluasi beberapa hal antara lain tentang Kehadiran Para Bhabinkamtibmas masing-masing Polsek dengan Rangking Potensi Konflik dan permasalahan/jumlah kasus di wilayah Polsek jajaran. (Nusaniwe,Sirimau,Teluk Ambon,Baguala dan polsek lainnya)
Kedua, mengenai tugas Para Bhabinkamtibmas yang lebih mengedepankan kegiatan/tugas Pre-emtif.

Ketiga, melaksanakan Pemeriksaan buku kunjungan Para Bhabinkamtibmas secara sample dari beberapa Polsek, ditemukan beberapa hal yakni,
Bhabinkamtibmas yang mendapatkan Pin Emaa dari Kapolri dengan progiat yang dilakukan dapat menjadi motivasi bagi teman2 Bhabinkamtibmas yang lain utk ikut berprestasi yang dapat mewakili Polresta P. Ambon dalam lomba2 Bhabinkamtibmas tingkat Nasional.

Akuinya perlu adanya Persamaan Persepsi dalam penulisan buku kunjungan, dengan memuat kritikan,saran serta informasi sebagai data awal untuk tugas selanjutnya.

Kasat Binmas selaku Pembina Fungsi harus selalu mengawasi dan memberi arahan kepada Para Bhabinkamtibmas untuk selalu melaksanakan tugas dengan baik dan benar termasuk memberikan arahan teknis dalam hal melaksanakan kunjungan kerumah warga.

Tambahnya, anggota Bhabinkamtimas yang bertugas rangkap harus mampu mengatur waktu untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Yang idealnya 1(satu) Bhabinkamtimas 1 desa tanpa tugas rangkap namun secara riil anggota Polri masih kurang, untuk itu Perlu adanya kesadaran dan semangat dalam melaksanakan tugas sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif.

Perlu adanya Pendataan yang objektif pada semua warga Binaan untuk mengetahui jumlah warga, secara klasifikasi, serta berpotensi dan yang berpengaruh dimasyarakat setempat.

Dirinya mengharapkan adanya Masukan/kritik/informasi dari masyarakat harus di kompulir dan di tulis sebagai bahan untuk pimpinan dalam mengambil langkah/tindakan kepolisian selanjutnya.

Akuinya, anggota Bhabinkamtibmas dapat melaporkan/ menginformasikan situasi dan perkembangan kamtibmas wilayah kepada Kapolsek maupun Kasat Binmas. (FM-08)