Albrasa Internasional Serahkan Sertifikat ISO ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 ke 10 Sekolah di Ambon

Albrasa Internasional Serahkan Sertifikat ISO ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 ke 10 Sekolah di Ambon

November 11, 2021 0 By admin

AMBON, FM, – PT Albrasa Internasional Sertifikat menyerahkan secara langsung sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 kepada 10 sekolah di kota Ambon.

Awalnya penyerahan diberikan pertama kepada tiga sekolah terbaik diantaranya, SD kristen Kalamkudus karena dianggap dari awal mereka konsisten bukan berarti 10 sekolah yang lain tidak konsisten tetapi yang naiknya lumayan tinggi yaitu SD kristen Kalamkudus, SMPN6 Ambon dan SD 1 latihan SPG.

“Sebetulnya prosesnya dari Tahun lalu jadi harapannya mereka ada pengenalan tentang ISO dulu waktu itu di bulan oktober 2020 dan tahap selanjutnya itu pengenalan kembali jadi memantapkanlah, ” Akui Ditektur Albarasa Internasional, Jeane Gaspersz kepada wartawan di Auditorium Unpatty Ambon, Selasa (10/11/2021)

Akuinya, beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari proses training pemahaman dulu kemudian analisis dan mendiagnosa kira kira sistem yang ada berjalan sampai saat ini di sekolah itu bisa di kolaborasi dengan ISO.

Tahapan ke tiga itu adalah dokumen sosialisasi kemudian internal audit pelaksanaan training managemen resiko sampai dengan ke ekstra audit.

Menurut Gaspersz, sekolah lain sebenarnya sama tapi kita melihat nilai plusnya dimana untuk membuat sekolah itu lebih baik lagi.meskipun sebetulnya ada Akreditasi nasional tetapi ISO lebih pada level yang lebih tinggi.

“Mudah mudahan sekolah yang lain lebih mampu lagi seiring dengan komitmen Pak Walikota dengan Telah menandatangani MOU, ” Tuturnya.

Dengan adanya ISO, lanjut Gaspersz sekolah sekolah akan ebih konsisten lebih disiplin.sehingga bukan hanya karena terikat dengan SOP seperti lulusan sekolah tetapi lulusan tidak boleh dibiarkan begitu saja justru harus sampai mereka lulus masuk ke jenjang yang lebih tinggi.

Bagi Gaspersz, tahun depan, pihaknya akan melakukan pengawasan kembali terhadap 10 sekolah tersebut, apakah mereka benar-benar komitmen atau tidak dalam menjalankannya, jika tidak sertifikat akan dicabut.

Gaspersz berharap, 10 sekolah yang sudah favorit kualitasnya itu tidak akan sulit melakukan kolaborasi dengan sistem yang baru.

Senada dengan itu, wali kota Ambon, Richard Louhenapessy menuturkan, atas kerjasama pemerintah Kota Ambon dengan PT Ambarawa Internasional telah terbina 5 sekolah SD dan 5 sekolah SMP untuk sistem menageman mutu pelayanan pendidikan berstandar internasional .

Standar ISO 9001 2015 merupakan sertifikasi penjamin sistem managemen mutu suatu realisasi merupakan managemen berstandar internasional yang memberikan penjamin kualitas inproses dan aut satuan pendidikan.

Akui wali kota, satuan pendidikan yang memperoleh ISO 90012015 serta bukan hal yang mudah tetapi melalui sebuah proses pembinaan penilaian atau sebuah audit internal maupun eksternal proses tersebut pastinya menguras banyak waktu tenaga ,pikiran dan perasaan dari semua pihak.

“Saya yakin bahwa lewat proses pembimbing yang di lakukan oleh Auditor tenaga ahli dan yang mendampingi untuk memenuhi penuntutan standar dalam sistem managemen pendidiakn di perlukan perhatian yang sungguh sungguh sehingga semangat kebersamaan semuanya telah terlaksana dengan baik dan puncaknya dihari ini dan berhasil memperoleh atau lulus sertifikasi atau lulus ISO 90012015

ISO 90012015 tidak hanya berfokus pada hasil yang ingin kita capai tetapi yang penting adalah proses menjadi hal yang perlu di perhatikan, ingat memperoleh itu mudah, tetapi mempertahankan itu yang sulit. (FM-09)