Si “Manis”dari Banda yang Menggugah hati Seantero Dunia

Si “Manis”dari Banda yang Menggugah hati Seantero Dunia

November 13, 2021 0 By admin

AMBON, FM, – Inilah kepulauan Banda. Jika bukan karena buah Pala, bisa jadi pulau ini takkan pernah terdengar namanya. Pala adalah jiwa, sejarah, dan ekonomi kepulauan Banda. Selama berabad lamanya, inilah satu-satunya tempat di dunia yang menghasilkan buah Pala, dan dikirim jauh sekali ke berbagai belahan dunia.

Di pulau ini, terdapat si “Manis” Manisan Pala yang selalu memalak hati semua orang yang datang kesini, manisan pala adalah salah satu oleh-oleh khas Banda Neira, siapapun yang datang pasti pulang membawanya.

Ibu Farida Rabidin Salah satu pembuat manisan pala saat diwawancarai media ini menjelaskan, dirinya mengalami kendala dalam proses pemasaran lantaran pandemi covid 19 namun dirinya tetap bersyukur karena meskipun pandemi tetapi tidak memutuskan semangatnya untuk tetap membuat manisan pala.

“Produksi hasilnya sangat menurun saat covid ini, pendapatan juga berkurang kebanyakan orang hanya bertanya lengen beli tetapi mungkin harganya mahal

Bisa dibuat 30 bungkus disesuaikan dengan waktu kapal masuk saja keuntungan pernah setiap penjualan.

Dirinya hanya menjajakan manisan pala di Pelabuhan Banda, dengan harga bervariasi per kemasan dari Rp. 5000 hingga 20.000 per bungkus dengan tiga varian diantaranya, manisan pala basah, manisan pala kering dan manisan Bunga. (FM-08)