Akhiri Masa Jabatan, Fatlalon Tinggalkan Hutang 300 Miliar

Akhiri Masa Jabatan, Fatlalon Tinggalkan Hutang 300 Miliar

Mei 11, 2022 0 By admin

AMBON, FM, -Hampir dipenghujung masa jabatan sejumlah kepala daerah di Maluku, ternyata ada juga yang meninggalkan hutang ke pihak ketiga sebanyak ratusan juta rupiah. Sebut saja Pemkab Kepulauan Tanimbar atau lebih dikenal Bumi duan – lolat dengan hutang Fantastis capai 300 Miliar berupa Utang Pihak Ke – 3 (UP3), utang material warga dan upah pekerja pada beberapa proyek pembangunan yang mencapai 8 Miliar rupiah, hingga kini masih membengkak. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, jance Wenno kepada awak media di baileo rakyat-Belso Ambon, Rabu (11/05/2022)

misalnya saja hutang pihak ke tiga Pemkab Tanimbar yang alokasi anggarannya dipakai untuk pembangunan fasilitas publik, sekarang sudah dinikmati masyarakat, antara lain Pasar, Bandara dan Rumah sakit, secara jelas sudah disampaikan Dirjen Kemendagri harus dilunasi.

Namun selama ini tidak ada niat baik dari Bupati Tanimbar Petrus Fatllolon, bahkan pernyataan Petrus Fatlolon pun terkesan berbelit – belit dan tidak mengindahkan pengawasan lembaga DPRD Maluku,

ini hanya persoalan niat baik, cepat atau lambat harus terselesaikan jangan sampai menjadi warisan dan beban daerah bagi pemerintahan selanjutnya.” Akui anggota DPRD Daerah pemilihan kota Ambon ini.

“Mestinya tidak ada alasan bagi kepala daerah mana pun untuk tidak melunasi hutang.” tegas politisi senior itu.

Lanjutnya, kepala daerah yang berakhir masa jabatan punya tanggung jawab, menyelesaikan semua permasalahan di daerahnya, agar tidak menjadi beban pemerintah berikutnya.

Wenno juga sarankan bagi Kepala – Kepala daerah yang akan habis masa jabatan untuk meninggalkan Kado terindah.

“Kita sarankan agar bisa melunasi secepatnya, dan meninggalkan kado yang indah di akhir masa jabatan”. Pungkas Pria yang digadang kan sebagai salah satu kandidat bakal calon walikota Ambon tersebut.

Masa jabatan lima Kepala Daerah di Maluku akan berakhir di Tahun 2022, di antaranya, Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), kabupaten Buru, Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Tengah. (FM-08)