Ramadhan di Tengah Pandemi,Menag Anjurkan Patuhi Protokol Kesehatan

Ramadhan di Tengah Pandemi,Menag Anjurkan Patuhi Protokol Kesehatan

April 12, 2021 0 By admin

AMBON,FM,- Pelaksanaan kegiatan di bulan suci Ramadhan 1442 H tahun 2021 tetap dilaksanakan, walau begitu Menteri Agama RI melalui surat edaran menteri agama nomor 3 Tahun 2021 tentang pelaksanaan kegiatan ibadah ramadhan ditengah pandemi covid 19, telah jelas mengisyaratkan seluruh kegiatan keagamaan di bulan ramdhan itu diwajibkan bagi seluruh umat islam yang menjalankannya tetapi harus disiplin terapkan protokol kesehatan. hal ini diungkapkan Kepala Bagian Kesra Sekretariat kota Ambon, Fenly Masaoly kepada wartawan di Balai kota Ambon, Senin, (12/03/2021)

Untuk tempat ibadah, akuinya, Menteri Agama mengisyaratkan tentang ketentuan kehadiran 50 persen.

“Jadi kalau ada kegiatan buka puasa bersama yang dilakukan di gedung akan tetap mengikuti anjuran 50 persen dari total kapasitas ruangan,” ucapnya.

Tambahnya, Tim gugus tugas Covid 19 kota Ambon akan tetap memperketat pengawasan terhadap itu, operasi yustisi yang dilakukan setiap hari akan tetap berjalan seperti biasa, sementara yustisi malam akan dipertimbangkan, menunggu kebijakan lebih lanjut dari tim gugus tugas covid 19.

“Pengawasan penerapan protokol kesehatan akan tetap dilakukan Tim gugus, tetapi bagi lokasi tertentu yang tinggi angka penyebaran covid 19 tentu akan menjadi pertimbangan.

“Pemerintah kota Ambon sendiri telah melalukan sosialisasi melalui penyuluh masjid dan semua penyuluh sudah tau hal itu, jadi Pemkot hanya fokus pada pengawasan penerapan prokes, agar dapat menekan tingkat penyebaran virus,” pungkasnya.

Ditanya soal safari ramadhan yang rutin dilakukan oleh pemerintah kota Ambon, Masaoly menyebutkan tahun ini pelaksanaan safari ramadhan ditiadakan akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk digantikan dengan pelaksanaan kegiatan yang lainnya di masyarakat. (FM-08)