Upaya BI Maluku Sasar Pedagang Pasar Pakai QRIS

Upaya BI Maluku Sasar Pedagang Pasar Pakai QRIS

April 19, 2021 0 By admin

AMBON, FM,- Tidak dipungkiri lagi, kehadiran QRIS otomatis membuat proses transaksi menjadi lebih mudah dan praktis.Oleh karena itu, Bank Indonesia Provinsi Maluku terus mendorong seluruh pelaku UMKM di Provinsi Maluku untuk menggunakan aplikasi ini.

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)sendiri adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Apalagi di tengah pendemi covid 19 saat ini, dengan penerapan prokes kesehatan yakni menghindari diri dari kerumunan, perbankan mendorong agar nasabah menggunakan sistem pembayaran non tunai.

Kepala KPw BI Maluku, Noviarsano Manulang bersama Pemerintah kota Ambon yakni Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy menggelar launching Aplikasi QRIS kepada pedagang di Pasar Tradisional Transit Passo, Kecamatan Baguala kota Ambon, sekurangnya sudah 66 Pelaku usaha yang mengggunakan aplikasi dimaksud.

Menurut Manulang, upaya ini akan terus dimaksimalkan lagi hingga seluruh pedagang pada setiap pasar menggunakan aplikasi QRIS.

“Di tahap awal sudah 66 pelaku usaha yang menggunakan aplikasi QRIS dan akan tetap dimaksimalkan lagi, walau demikian kami tidak bekerja sendiri tetapi mengajak pihak perbankan juga telah bersinergi untuk bekerja bersama,” tuturnya.

Manulang menyebutkan, pihaknya menargetkan seluruh pasar tradisional yang ada di kota Ambon harus menggunakan aplikasi sistem non tunai ini bagian dari pengembangan Ambon sebagai kota Smart City yang mana semua harus diarahkan ke Internet.

“Di pasar itukan terdapat kumpulan pengusaha-pengusaha, kami akan berbicara dengan asosiasi pedagang yang ada di kota Ambon seperti pedagang Bakso,pengusaha kecil agar dapat dipasang aplikasi QRIS kepada anggotanya,” tutupnya.(FM-08)