Bank Indonesia Maksimalkan Peredaran Uang di Wilayah Terluar Maluku

Bank Indonesia Maksimalkan Peredaran Uang di Wilayah Terluar Maluku

April 19, 2021 0 By admin

AMBON, FM,- Meskipun Bank Indonesia Provinsi Maluku tidak secara langsung mendistribusikan uang layak edar kepada seluruh wilayah terluar Maluku yang masuk dalam wilayah 3T (Terdepan,terpencil dan tertinggal) karena kebijakan tertinggi akibat pandemi covid 19, namun tidak mengurangi semangat dalam tetap melayani kebutuhan masyarakat akan uang yang layak. sehingga dengan komitmen yang dimiliki,kebutuhan itu tetap dipenuhi.

Kepala KPw BI Maluku, Noviarsano Manulang kepada fokusmaluku.com menjelaskan, pihaknya tetap melayani kebutuhan uang masyarakat Maluku melalui Kas titipan pada wilayah Tual, Pulau Buru, Saumlaki juga Fak-Fak termasuk juga kas Keliling dan akan diperluas oleh pihak Perbankan pada setiap daerah.

“Kita tetap siapkan kebutuhan uang masyarakat termasuk pada wilayah 3T, nanti dari perbankan yang melakukan perluasan pengedaran uang melalui kas yang ada,” ungkap Manulang.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, One Yusril Fikar juga menambahkan, tentang jumlah ketersediaan uang yang didistribusikan tergantung dari kapasitas setiap kas titipan.

“Soal kas titipan tergantung dari setiap kapasitas dari bank masing-masing bank karena mereka memiliki khasanah sendiri tetapi yang kita siapkan  maksimal di setiap kas titipan sebanyak 100 Miliar tetapi jika dilihat dari  skala dan aktifitas ekonomi sudah lebih dari cukup,” akuinya.

Lanjutnya, untuk menjawab kebutuhan masyarakat di daerah selama puasa dan bulan ramadhan juga telah diantisipasi sebelumnya dengan melakukan pengiriman.

Lebih jauh One menambahkan, bagi daerah yang tidak tercover dalam kas titipan, Bank melakukan kas keliling dengan bekerjasama dengan pihak terkait seperti PT Pos, pihak perbankan dan lainnya dengan terus melakukan optimalisasi. (FM-05)