Latupono: Atas Nama Rakyat kota Ambon Segera Buka Ruas Jalan yang Ditutup

Latupono: Atas Nama Rakyat kota Ambon Segera Buka Ruas Jalan yang Ditutup

Mei 11, 2021 0 By admin

AMBON,FM,- Akibat kemacetan yang terjadi pada sejumlah ruas jalan di kota Ambon dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini, membuat para wakil rakyat naik pitam, Karena banyaknya masyarakat kota Ambon yang mengeluh.

Sebut saja ruas jalan Pattimura-Rijali yang ditutup sementara oleh pihak Satlantas Polres Pulau Ambon dan PP.Lease dengan alasan untuk mengurai kemacetan dan jalur depan pengadilan Ambon yang ditutup oleh Dinas Perhubungan dengan alasan yang sama,padahal pada faktanya hingga hari ini kemacetan justru sulit terkendali.

Dalam rapat dengar pendapat bersama komisi III DPRD kota Ambon dan Dishub Ambon di Ruang sidang utama Baileo Rakyat-Belso Ambon, Selasa (11/05/2021). Kadishub Ambon, Roby Sapulette dalam penjelasannya mengaku sesuai aturan Undang-Undang kewenangan mengatur dan merekayasa jalur adalah kewenangan Dishub, Kepolisian berkewenangan hanya untuk melakukan penegakan hukum.tetapi dalam kenyataannya Kadishub tidak mampu menegakan aturan.bahkan terkesan cuek melihat kondisi yang terjadi hingga hari ini.

Disisi lain, wakil rakyat tetap ngotot ruas jalan tersebut harus dibuka karena sesuai aturan tertinggi yakni Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan jalan, kewenangan mengatur dan merekayasa jalur bukanlah kewenangan Kepolisian melainkan Dinas Perhubungan, namun untuk menjaga sinergitas dan hubungan kemitraan, Kadishub harus segera berkoordinasi dengan kepolisian agar segera membuka jalur yang ditutup itu.

“Kewenangan kan sudah jelas, bahkan pak Kadishub juga mengakui itu, mengapa tidak berani dibuka jalur Pattimura-Rijali agar masyarakat dapat berakses secara baik, sebenarnya ada apa antara Dishub dengan kepolisian, jangan main-main masyarakat yang menjadi korban,” ungkap wakil ketua DPRD kota Ambon, Rustam Latupono

Menurutnya, Kadishub Ambon tidak memiliki taring dalam menegakan aturan yang jelas-jelas adalah kewenangannya, yang mungkin saja lantaran gengsi pada hubungan kemitraannya dengan kepolisian.

“Atas nama rakyat kota Ambon, hari ini juga kami meminta agar jalur yang ditutup segera dibuka demi kepentingan masyarakat, aturan harus ditegakkan, karena regulasi sudah jelas, kami wakil rakyat juga akan turun bersama dan membuka ruas jalan yang ditutup itu,” ujarnya lantang.(FM-09)