Sistem Pembayaran Non Tunai di Maluku Menunjukan Tren Perlambatan

Sistem Pembayaran Non Tunai di Maluku Menunjukan Tren Perlambatan

Mei 14, 2021 0 By admin

AMBON,FM,- Perkembangan Sistem pembayaran non-tunai di Provinsi Maluku pada triwulan IV 2020 menunjukan tren perlambatan. Hal tersebut terlihat dari perkembangan transaksi RTGS (Real-Time Gross Settlement) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Hal ini diketahui dalam laporan perekonomian provinsi Maluku pada Februari 2021 yang disampaikan Kepala KPw BI Provinsi Maluku, Noviarsano Manulang belum lama ini.

Dalam laporan tersebut nampak jelas, pada triwulan IV 2020, total transaksi RTGS mencapai Rp9,75 triliun dengan jumlah transaksi sebanyak 6.808 transaksi.

“Secara nominal, transaksi RTGS pada triwulan IV 2020 kontraksi hingga 8,84% (yoy), sementara terdapat penurunan jumlah transaksi sebesar 14,89% (yoy) dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019,” ucapnya.

Perlambatan pada sistem pembayaran RTGS sejalan dengan perlambatan realisasi anggaran Pemerintah dan belanja masyarakat karena pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 di Maluku juga menyebabkan perbankan lebih berhati-hati melakukan pencairan kredit.