Ini Enam Dimensi Pengembangan Ambon “Smart City”

Ini Enam Dimensi Pengembangan Ambon “Smart City”

Mei 25, 2021 0 By admin

AMBON, FM,-Wakil Wali kota Ambon, Syarif Hadler dalam sambutannya saat tinjauan lapangan evaluasi smart city kota Ambon, yang berlangsung secara Daring selama dua hari sejak tanggal 24 hingga 25 Mei 2021 di ruang rapat vlisingen, balai kota Ambon.

Dalam evaluasi yang menghadirkan pendamping smart city, tim tinjauan smart city, tim evaluasi smart city nasional, dewan smart city kota Ambon itu wakil wali kota Ambon memaparkan enam dimensi dalam pengembangan Ambon sebagai kota Smart City antara lain, smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

Dikatakan, gerakan menuju 100 smart city yang digalakan oleh sejumlah kementerian pada periode 2017-2019 dan kota Ambon terpilih didalamnyai dianggap membantu daerah untuk dapat meningkatkan nilai evaluasi pada tahun 2021.

Program kerja yang telah ditetapkan dalam enam dimensi smart city kota Ambon yakni, pembangunan command center oleh Diskominfo kota Ambon, fasilitasi pengembangan karya music oleh Dinas Pariwisata dan kebudayaan kota Ambon, pengembangan urban farming dan pertanian organik oleh Dinas Pertanian dan Ketanahanan Pangan kota Ambon pembuatan bank sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan kota Ambon, on the spot promotion pelayanan KB mobile oleh DPPKB kota Ambon dan forum anak kota Ambon oleh DP3AMD kota Ambon.

“Pada evaluasi smart city kota Ambon menyampaikan enam program unggulan yang mana satu program kerja diwakili oleh setiap enam dimensi smart city,” akuinya.

Evaluasi dilakukan berdasarkan ketersediaan program kerja pada tiap OPD serta dampak layanan dari setiap program kerja yang mana proses evaluasi pada setiap kabupaten/kota dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun, maka pejabat yang bertanggungjawab dapat melaksanakan tugas dengan baik agar dapat dicapai sesuai keinginan bersama,” akui Wawali.

Untuk diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan tinjauan lapangan evaluasi smart city di kota Ambon guna memberikan pembimbingan tentang cara melakukan evaluasi program smart city serta melakukan pemeriksaan terhadap hasil evaluasi yang diperoleh dalam kurun waktu 2018-2020.

Selain melakukan evaluasi, juga ada pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber selanjutnya dengan tinjauan lapangan sekaligus wawancara dengan penerima manfaat program pada lokasi implementasi program unggulan. (FM-07)