Palonda Dorong BPBD Ambon Tanggap Hadapi Korban Bencana

Palonda Dorong BPBD Ambon Tanggap Hadapi Korban Bencana

September 9, 2021 0 By admin

AMBON, FM,- Kondisi hujan dan angin kencang yang akhir-akhir ini dirasakan oleh masyarakat haruslah ditanggapi serius baik oleh masyarakat sendiri maupun pemerintah daerah dalam hal ini BPBD agar ketika terjadi bencana masyarakat tidak merasa diabaikan oleh pemerintah.
Sebut saja bencana pohon tumbang yang terjadi pada Rabu kemarin di kawasan Halong Air Besar yang menyebabkan sebuah rumah rata dengan tanah.

Melihat kondisi itu, Anggota Komisi I DPRD kota Ambon, Nathan Palonda meminta agar instansi terkait harus mengambil langkah penanganan dengan cepat. Sehingga masyarakat tidak diabaikan. Apalagi saat rumah yang rata dengan tanah itu, entah mau tidor dimana mereka nantinya.

“Dalam kondisi semacam itu, instansi terkait harus lebih cepat mengambil langkah penanganan sesuai dengan Tupoksi yang ada, agar masyarakat merasa senang dengan kehadiran pemerintah, apapun bantuannya jika itu diberikan pasti masyarakat senang, ” Ucap Palonda kepada wartawan di Baileo Rakyat-Belso Ambon, Rabu (08/09/2021)

Tak hanya itu saja, seluruh kawasan yang dianggap rawan bencana mestinya diperhatikan sejak awal jangan menunggu ada bencana dan korban baru ditangani. Padahal BPBD tau itu daerah rawan.

“Mestinya sebelum pohon tumbang mesti dipotong duluan apalagi pohon-pohon besar di depan jalan, jangan menunggu pohon tumbang baru dipotong,” tutur Palonda.

Dirinya juga mengharapkan adanya kesadaran sendiri dari masyarakat kota Ambon terutama yang tinggal pada lokasi rawan bencana seperti tebing,daerah aliran sungai (DAS) mesti tanggap melihat kondisi. Jika curah hujan disertai angin kencang jangan lagi berdiam di rumah tetapi sudah harus mengambil inisiatif mencari tempat perlindungan yang lebih aman. Sehingga kalaupun terjadi bencana alam tidak sampai ada korban jiwa. (FM-09)