Wenno: KPU Diminta Lakukan Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak

Wenno: KPU Diminta Lakukan Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak

April 16, 2024 0 By admin

AMBON,FM,- Wakil Ketua Komisi I DPRD Maluku, Jantje Wenno mendesak komisioner KPU Maluku yang baru dilantik agar segera melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilu serentak beberapa waktu lalu .
Desakan Wenno mengingat pasca dilantik oleh KPU RI maka semestinya KPU Maluku melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pemilu secara menyeluruh guna menghadapi Pilkada yang dijadwalkan berlangsung di bulan November mendatang.

Ditambahkan Wenno, Pemilu serentak yang telah selesai meninggalkan sejumlah persoalan yang meresahkan masyarakat termasuk keterlibatan jajaran penyelenggara dalam memenangkan calon tertentu.

“Saat melakukan pengawasan maka Komisi I mendapat informasi, semisal di Maluku Tenggara ada masalah yang timbul akibat ada wasit yang bertindak sebagai pemain. Wasit ini mulai dari KPU sampai jajaran dibawah termasuk aparat ad-hoc dan ini menjadi perhatian bersama,” tegas Wenno kepada wartawan di Baileo Rakyat Karpan Ambon, Rabu (27/03/2024)

Dengan dilantiknya Lima komisioner KPU Maluku yang baru maka harus berani memetakan kelemahan yang terjadi saat Pemilu lalu guna dilakukan perbaikan menjelang Pilkada serentak.

Adanya kelemahan yang terjadi sepanjang pelaksanaan Pemilu serentak menurut Wenno tidak boleh dibiarkan terjadi pada proses Pilkada sebab akan menurunkan legitimasi terhadap pemilihan kepala daerah terpilih.

“Kita ingatkan komisioner KPU Maluku agar segera bergerak cepat menyiapkan tahapan pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung di November mendatang. Mengingat hanya tersisa beberapa bulan lagi tahapan pendaftaran telah berjalan. Sebab itu, perlu dilakukan evaluasi yang mendalam,” tutup Wenno. (Eda L)