Gubernur Serahkan Hewan Kurban di Negeri Tulehu

Gubernur Serahkan Hewan Kurban di Negeri Tulehu

Juli 29, 2020 0 By admin

AMBON,FM,- Gubernur Maluku, Murad Ismail menyerahkan dua hewan kurban berupa dua ekor sapi kepada masyarakat Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Satu diantaranya adalah Sapi Ongol berbobot 900 kg.

Penyerahan ini berlangsung di halaman Masjid Jami Tulehu, jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Rabu (29/7/2020).

Penyerahan hewan kurban diterima Raja Negeri Tulehu Urian Usman Ohorella dan Imam Masjid Abdul Gani Lestaluhu.

Dalam kesempatan itu, Murad mengatakan ibadah kurban tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan konsumsi, namun mengandung hikmah dan makna solidaritas sesama manusia.

“Daging ini akan dibagikan kepada fakir miskin, dalam artian, sebagai muslim hendaknya memperhatikan kehidupan orang lain di sekitarnya, terutama mereka yang lemah ekonominya,” katanya.

Menurut dia, ibadah kurban itu mendidik setiap umat muslim untuk mengikis sikap egois lalu memupuk kesetiakawanan antar sesama manusia, meskipun sedang dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Saat ini aktivitas masyarakat dibatasi, termasuk aktifitas mencari nafkah yang dapat berdampak pada berkurangnya pendapatan masyarakat,” ujar Murad.

Melalui ibadah kurban, lanjut dia, keikhlasan manusia diuji kualitasnya. Ujian Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an merupakan pesan yang mengajarkan arti penting menjalankan perintah Allah SWT.

“Semoga momen berkurban kali ini, kita semua menjadi muslim/muslimah yang memiliki kualitas keikhlasan yang baik,” tutup Murad.

Usai penyerahan itu, Gubernur Maluku bersama rombongan kemudian menuju Masjid Al-Fatah Ambon untuk kembali menyerahkan sapi kurban bersamaan dengan satu ekor sapi bantuan dari Presiden RI Joko Widodo. Kedua ekor Sapi ini diterima Imam Masjid Al-Fatah R.R Hasanussi (FM-07)