BPPRD Kota Ambon Sosialisasi Pembagian Insentif Pemungut PBB-2 Kepada Para RT

BPPRD Kota Ambon Sosialisasi Pembagian Insentif Pemungut PBB-2 Kepada Para RT

Maret 26, 2021 0 By admin

AMBON, FM,- Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) kota Ambon melangsungkan sosialisasi Pembagian Insentif pemungut PBB-2 kepada seluruh ketua RT dan atau perangkatnya se kota Ambon, yang digelar secara bersamaan pada kntor Negeri Batu Merah  dan kelurahan Batu Meja, Kamis (25/03/2021) dan akan terus berkelanjutan pada sejumlah kantor desa dan kelurahan lainnya.

Kepala Bidang Pengelola Pajak Bumi dan Bangunan pada BPPRD kota Ambon, Jafar Marasabessy kepada wartawan usai sosialisasi mengatakan, sosialisasi yang dilakukan bertujuan untuk mengajak para RT/RW membantu pemerintah kota Ambon dalam hal ini BPPRD untuk menagih PBB baik PBB tahun berjalan maupun piutang atau tunggakan.

“RT dilibatkan karena RT yang paling tau kondisi masyarakatnya, selain melakukan proses penagihan RT juga diharapkan dapat membantu merekap dan mengupdate data PBB baru.

Diakuinya, setiap RT yang melakukan proses penagihan akan diberikan insentif oleh pemerintah kota Ambon dengan nominal uang Rp.10.000,- per satu SPPT, mekanismenya adalah sesudah melakukan proses pembayaran pada loket PBB pemerintah kota Ambon dapat langsung melakukan rekap dan dilaporkan kepada petugas BPPRD untuk selanjutnya dicairkan insentif RT yang bersangkutan.

“Selain menagih, kita harapkan juga ada data yang terupdate dari RT tentang data PBB baru, nilai nominal itu akan dapat berubah tergantung dari berapa banyak RT menagih baik PBB Tahun berjalan maupun PBB tunggakan tahun sebelumnya.

Tambah Marasabessy, penagihan PBB oleh RT turut berkontribusi mendongkrak penerimaan PAD triwulan I  dari target Rp.2,1 Miliar realisasi saat ini sudah mencapai Rp.3,4 Miliar, diharapkan hingga akhir tahun nanti target ini dapat terealisasi dengan baik.

Walau demikian, bukan berarti dengan keterlibatan RT/RW, pihaknya tidak lagi melakukan penagihan dimasyarakat tetapi tetap intens melakukan berbagai upaya dengan turun langsung menjemput bola dilapangan dan menagih sekaligus mengontrol pelaksanaannya, pengawasan hingga proses penyetoran ke kas daerah. (FM-06)